Cara membuat folder di Gmail

Tingkatkan organisasi email Anda di Gmail

Antara email kantor dan email promosi, kotak masuk Gmail Anda pasti akan ramai dari waktu ke waktu. Sementara filter pencarian lanjutan Gmail membantu Anda menemukan email yang tepat dalam waktu singkat, label membawa organisasi email ke tingkat berikutnya. Ya, folder versi Gmail disebut label. Label ini sama dengan folder tetapi dengan skema penamaan yang berbeda. Kotak masuk Gmail Anda memiliki label sistem seperti Penting, Berbintang, Spam, Sampah, dll, dan Anda dapat membuat yang baru sesuai keinginan Anda. Sementara beberapa email, seperti Outlook, hanya memungkinkan Anda mengirim email ke satu folder tertentu, Gmail memungkinkan Anda menambahkan beberapa label ke satu email. Kemungkinan organisasi tidak terbatas!

Seluruh sistem bekerja mirip dengan tag di aplikasi pencatat. Berikut Teknokarta memberikan tips cara membuat folder/label di Gmail.

Buat folder di Gmail

Ada dua cara untuk membuat label baru. Anda dapat menggunakan menu utama Gmail atau masuk ke pengaturan untuk membuat folder baru. Ini sedikit lebih cepat untuk menggunakan menu utama, tetapi jika Anda lebih suka menggunakan pengaturan, kami akan menunjukkan cara melakukannya juga.

Membuat label menggunakan menu utama

  1. Masuk ke akun Gmail Anda di browser web Anda.
  2. Cari Label di menu Gmail.
  3. Pilih + ikon.
  4. Masukkan nama label baru. Jika mau, Anda dapat menyarangkan label baru di bawah label yang sudah ada.
    • Misalnya, Anda dapat membuat label Tanda Terima dan menambahkan Amazon, Walmart, Target, dan eBay, sub-label di bawahnya untuk organisasi yang lebih baik.
  5. Klik tombol Buat, dan label Gmail baru siap digunakan.

Membuat label menggunakan menu pengaturan

Jika Anda lebih suka menavigasi pengaturan menyeluruh untuk membuat label, Anda juga dapat melakukannya. Inilah yang perlu Anda lakukan.

  1. Buka Gmail di browser web dan klik roda gigi Pengaturan di sudut kanan atas.
  2. Pilih Lihat semua pengaturan.
  3. Gulir ke bawah dan pilih tombol Buat label baru.
  4. Pindah ke tab Label.
  5. Masukkan nama label, letakkan di bawah label lain (jika Anda mau), dan tekan tombol Buat.

Tambahkan label ke email

Sekarang Anda telah membuat folder di Gmail, saatnya untuk mengatur email Anda.

  1. Buka kotak masuk Anda dan buka email.
  2. Pilih ikon Label di bagian atas.
  3. Periksa label pilihan Anda dan pilih Terapkan.
  4. Label akan muncul tepat di samping subjek email.

Setelah Anda menerapkan label, email itu akan muncul di bawah label mana pun yang Anda pilih. Namun, Anda harus mengulangi proses ini untuk setiap email. Anda juga dapat menarik dan melepas email ke label. Cukup pilih email yang ingin Anda pindahkan untuk menyorotnya, dan seret ke label yang Anda inginkan. Anda bahkan dapat menyeret beberapa dengan mencentang kotak dan menyeret semuanya sekaligus.

Secara otomatis memindahkan email ke folder

Menambahkan label ke email secara manual bisa menjadi proses yang melelahkan dan memakan waktu. Untungnya, Gmail memungkinkan Anda untuk mengotomatiskan proses untuk email masuk. Misalnya, Anda dapat menambahkan label tagihan Kartu Kredit di Gmail dan membuat aturan untuk mengirim semua email mendatang dari perusahaan kartu kredit ke label tersebut. Berikut cara melakukannya.

  1. Pilih Tampilkan ikon opsi pencarian di bilah pencarian Gmail di bagian atas.
  2. Tambahkan alamat email pengirim yang ingin Anda pindahkan secara otomatis ke folder.
  3. Klik tombol Buat filter.
  4. Aktifkan Terapkan kotak centang label.
  5. Pilih label dari menu tarik-turun.
  6. Pilih tombol Buat filter.

Gmail akan langsung mengirimkan email yang masuk dari pengirim ke folder tertentu.

Sesuaikan label di Gmail

Semua label menggunakan warna abu-abu yang membosankan secara default. Mungkin sulit bagi Anda untuk membedakan antara puluhan dari mereka. Gmail memungkinkan Anda menambahkan warna ke label.

  1. Pilih menu tiga titik di samping label di menu utama Gmail.
  2. Perluas menu warna Label.
  3. Pilih salah satu warna bawaan atau tambahkan warna khusus.

Dunia label berwarna sekarang ada di telapak tangan Anda. Anda dapat menambahkan warna hijau ke label faktur, merah ke Amazon, dll. Jadilah liar! Ini kotak masuk Anda.

Buat folder menggunakan aplikasi seluler Gmail

Meskipun aplikasi Gmail Android cukup mumpuni, Anda tidak dapat membuat label di atasnya. Menariknya, Anda memiliki opsi untuk membuat label di aplikasi iOS Gmail.

  1. Buka Gmail di iPhone.
  2. Ketuk menu hamburger di sudut kiri atas.
  3. Gulir ke bawah dan pilih Buat baru dari menu Label.
  4. Tambahkan nama label dan tekan tombol Selesai di bagian atas.

Periksa label yang baru Anda buat dari menu hamburger Gmail. Perhatikan bahwa Anda tidak dapat menyarangkan label baru di bawah label yang sudah ada dari aplikasi.

Ganti nama atau hapus folder di Gmail

Saat Anda tidak lagi memerlukan label tertentu dalam alur kerja, Anda dapat menghapusnya untuk menyederhanakan bagian label.

  1. Masuk ke Gmail menggunakan browser web.
  2. Temukan label di menu Gmail Anda dan klik ikon tiga titik di sebelahnya.
  3. Pilih Hapus label untuk menghapusnya.

Anda dapat mengedit (mengganti nama) label dari menu yang sama dan bahkan menambahkan sub label baru ke dalamnya. Jadi, tidak perlu membuat label baru setiap saat.

Alternatif folder di Gmail

Jika Anda tidak melihat opsi untuk membuat label atau tidak menyukai proses manual, Anda dapat mengandalkan label dan kategori default untuk mengatur kotak masuk Anda. Tampilan Gmail default sudah dilengkapi dengan kategori Utama, Sosial, dan Promosi. Anda dapat menggunakannya untuk memfilter email pribadi dari penawaran bank dan pembaruan media sosial Anda.

Anda juga dapat memilih label default seperti Berbintang dan Penting. Pilih ikon bintang di sebelah email atau klik ikon gaya panah untuk menandai percakapan sebagai penting. Anda juga dapat menambahkan beberapa warna bintang.

Saat membintangi email, Anda dapat mengekliknya lagi dan mengubahnya menjadi centang hijaupertanyaan ungu, dan bintang biru untuk opsi organisasi yang lebih beragam. Anda dapat menemukan bagian Berbintang dan Penting dari menu utama Gmail.

Atur email Anda seperti seorang profesional

Label Gmail akan membantu merampingkan kotak masuk email Anda. Jika Anda adalah pengguna yang kuat, Anda dapat melangkah lebih jauh dengan menggunakan pintasan keyboard Gmail untuk terbang melalui Gmail tanpa mengangkat jari Anda dari keyboard. Tetapi untuk saat ini, Anda dapat memperoleh organisasi utama dengan membuat aturan untuk mengotomatiskan email masuk penting ke folder yang dipilih, seperti sekretaris pribadi Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.