Penjelasan: Apa itu WhatsApp?

Pertumbuhan WhatsApp

WhatsApp, yang dimiliki oleh Facebook, sekarang memiliki 1 miliar pengguna di seluruh dunia dan merupakan aplikasi messenger online terbesar di pasar. Didirikan pada tahun 2009 oleh mantan karyawan Yahoo. Ini dimulai sebagai startup kecil dan membengkak menjadi 250.000 pengguna hanya dalam beberapa bulan, tumbuh sangat cepat sehingga mereka harus menambahkan biaya untuk menggunakan layanan per tahun untuk memperlambat tingkat berlangganan. Pada tahun 2014, WhatsApp diakuisisi oleh Facebook dan terus mengalami pertumbuhan, mencapai angka 1 miliar pada Juli 2017.

Menggunakan WhatsApp

Untuk menggunakan WhatsApp, Anda memerlukan ponsel cerdas atau tablet yang kompatibel dengan kartu sim, koneksi internet, dan nomor telepon. Aplikasi menggunakan nomor telepon Anda sebagai nama pengguna, dan akun Anda terkunci ke telepon, meskipun Anda dapat mentransfer kontak Anda ke perangkat baru. Whatsapp gratis digunakan di Irlandia. Namun, jika di luar negeri, situs web Whatsapp menyatakan:

Fitur WhatsApp

Pengguna WhatsApp dapat membagikan lokasi mereka secara real time melalui pesan. Mereka juga dapat mengatur daftar kontak sehingga mereka dapat dengan cepat mengirim pesan ke banyak orang dalam obrolan grup melalui WhatsApp. Mungkin fitur terbaik WhatsApp adalah memungkinkan pengguna untuk tetap berhubungan dengan orang-orang yang tinggal di luar negeri, tanpa dikenakan biaya internasional yang terkait dengan pesan teks, untuk lebih lengkpanya di Teknosional.

Pelacakan Lokasi Langsung

Whatsapp sekarang memungkinkan penggunanya berbagi lokasi mereka secara real time. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi lokasi persis Anda dengan teman atau orang yang Anda cintai. Ini mungkin berguna saat Anda bertemu teman di area ramai, atau Anda ingin memberi tahu seseorang bahwa Anda telah tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Untuk menggunakannya Anda:

  1. Buka kontak yang ingin Anda bagikan lokasi Anda
  2. Untuk iOS pilih tombol +, dan untuk android pilih penjepit kertas di sisi kiri bawah layar Anda
  3. Pilih ‘Lokasi’
  4. Saat peta muncul, pilih opsi ‘Bagikan Lokasi Langsung’
  5. Anda kemudian akan melihat pesan ini ‘ Peserta dalam obrolan ini akan melihat lokasi Anda secara real-time. Fitur ini membagikan lokasi Anda selama durasi meskipun Anda tidak menggunakan aplikasi. Anda dapat berhenti berbagi kapan saja’.
  6. Anda kemudian dapat memutuskan berapa lama Anda ingin berbagi lokasi real-time Anda dengan orang ini, Anda memiliki pilihan 15 Menit, 1 Jam atau 8 Jam.

Penting untuk diketahui bahwa Anda  mengizinkan gerakan Anda dilacak oleh orang lain. Hanya gunakan fitur ini dengan orang yang Anda kenal dan percayai. Orang tua harus berbicara dengan anak mereka tentang berbagi lokasi dan menyarankan mereka untuk tidak melakukannya.

Fitur Pengeditan

WhatsApp juga telah menambahkan kemampuan untuk menghapus pesan yang mungkin Anda salah kirim. Ini mungkin berguna jika Anda mengirim pesan ke kontak yang salah. Pembaruan berikutnya untuk layanan perpesanan akan terlihat menambahkan fungsi ‘Balas Secara Pribadi’ saat dalam obrolan grup.

Pengguna WhatsApp sekarang juga dapat menahan pesan dalam obrolan grup untuk memilih dan menambahkan balasan ke pesan tersebut. Ini memastikan bahwa anggota dalam grup dapat mengikuti percakapan dengan lebih mudah dan menanggapi pertanyaan tertentu dalam obrolan grup atau menulis komentar pada konten dalam grup.

Syarat dan Ketentuan dan Privasi di WhatsApp

Syarat dan ketentuan WhatsApp menetapkan bahwa pengguna harus berusia minimal 16 tahun untuk menggunakan layanan di Eropa. Secara default, WhatsApp akan secara otomatis mengatur Pengaturan Privasi Anda untuk memungkinkan setiap pengguna WhatsApp melihat terakhir dilihat, foto profil, dan status Anda.

Pertimbangkan, alihkan setelan ini untuk membatasi siapa yang dapat melihat profil Anda.

Untuk mengganti pengaturan profil Anda, cukup buka: Tombol Menu > Pengaturan > Akun > Privasi. Anda dapat mengatur opsi berikut untuk privasi akun Anda dari Semua Orang (Publik) ke Kontak Saya atau Tidak Ada Orang (Pribadi).

Leave a Reply

Your email address will not be published.