TWRP: Panduan Lengkap untuk Pemulihan Android Kustom

TWRP adalah pemulihan kustom paling populer untuk Android. Ini digunakan untuk me-root ponsel Anda, mem-flash ROM kustom, membuka perangkat Anda, dan banyak lagi.

Modding Android telah menjadi hal yang cukup lama selama Android telah menjadi sesuatu. Baik Anda hanya me-rooting ponsel untuk membuka kunci fitur tersembunyi atau memasang Android yang sepenuhnya dibuat khusus, ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin memodifikasi ponsel cerdas Android Anda dan memanfaatkannya lebih banyak.

Tetapi tulang punggung sebagian besar, jika tidak semua, dari upaya modding Android ini, adalah salah satu bagian utama dari perangkat lunak: pemulihan kustom. Dan TWRP adalah standar emas pemulihan kustom.

Hari ini, kami akan memberi Anda ikhtisar tentang apa itu TWRP, dan apa yang memungkinkan Anda melakukannya.

Apa itu Pemulihan TWRP?

TWRP Recovery juga dikenal dengan nama lengkapnya, Team Win Recovery Project adalah gambar pemulihan kustom sumber terbuka untuk perangkat Android.

Ini dimaksudkan untuk menggantikan menu pemulihan yang ada di ponsel cerdas Android Anda, memungkinkan beberapa fitur yang biasanya tidak didukung oleh gambar pemulihan stok. Menjadi pemulihan khusus, ia dapat melakukan semua yang dapat dilakukan oleh menu pemulihan normal perangkat Anda dan banyak lagi.

Alih-alih antarmuka non-sentuh yang disertakan dengan sebagian besar pemulihan, TWRP melayani pengguna ke antarmuka yang mendukung layar sentuh. Dan itu memungkinkan Anda untuk menginstal mod dan perangkat lunak pihak ketiga sesuai keinginan Anda.

Di antara hal-hal yang dapat Anda instal menggunakan TWRP adalah kernel kustom, add-on, dan tema, dan Anda bahkan dapat mengganti sistem operasi sepenuhnya dan menginstal ROM Android kustom.

Ini juga memungkinkan Anda untuk membuat cadangan lengkap partisi di perangkat Anda, termasuk partisi sistem, dan memulihkannya kapan saja. Dengan kata lain, TWRP berfungsi sebagai pintu gerbang untuk semua kebutuhan modding Android Anda.

TWRP gratis dan tersedia untuk sejumlah besar perangkat Android. Itu tidak ada di Play Store, Anda harus mengunduhnya langsung dari situs web pengembang. Pastikan Anda mendapatkan versi yang tepat dengan memilih pabrikan dan model saat mengunduh.

Bisakah TWRP Diinstal Tanpa Root?

Ya. Bahkan, Anda harus menginstal TWRP sebelum me- rooting ponsel Anda. Ini karena setelah Anda membuka kunci bootloader ponsel Anda, tindakan selanjutnya adalah sering menginstal TWRP dan menggunakannya untuk mulai memodifikasi perangkat Anda, termasuk me-rootingnya.

Kami harus mencatat bahwa Anda tidak dapat menginstal TWRP tanpa membuka kunci bootloader Anda sebelumnya.

Bootloader yang terkunci tidak akan memungkinkan Anda untuk melakukan sideload firmware dan gambar yang tidak ditandatangani oleh pembuat perangkat. Ini berarti bahwa mengganti gambar pemulihan Anda dengan gambar TWRP yang dikompilasi oleh pihak ketiga tidak mungkin, apalagi kemampuan untuk menginstal ROM khusus atau me-root ponsel cerdas Anda.

Inilah alasan utama mengapa ponsel cerdas dari perusahaan seperti Huawei, Oppo, atau HMD/Nokia memiliki sedikit atau tanpa pengembangan khusus: Anda tidak dapat membuka kunci bootloader pada ponsel tersebut karena mereka tidak menyediakan metode untuk melakukannya.

Jadi, bahkan jika pemulihan kustom, kernel, atau ROM dibuat untuk ponsel ini, tidak akan ada gunanya karena tidak ada cara untuk menginstalnya tanpa bootloader yang tidak dapat dibuka.

Apa yang Dilakukan Setiap Fitur TWRP?

TWRP menawarkan beberapa fitur. Anda tidak hanya dapat melakukan root pada ponsel Anda atau menginstal kernel dan ROM khusus, tetapi Anda juga mendapatkan banyak opsi untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan di perangkat Anda tanpa batasan apa pun. Berikut adalah ikhtisar tentang beberapa di antaranya.

Install

Instal mungkin adalah alasan utama mengapa Anda ingin menggunakan TWRP sejak awal.

Fungsi Instal memungkinkan Anda untuk mem-flash paket ke ponsel pintar Android Anda. Paket-paket ini datang dalam bentuk file ZIP khusus, berisi skrip (yang memberi tahu pemulihan apa yang harus dilakukan dengan konten file) dan konten paket sebenarnya. Dan paket-paket ini dapat berisi apa saja.

Baik Anda ingin menginstal aplikasi, serangkaian aplikasi, mengubah animasi boot, mengubah beberapa pustaka sistem, menambal image boot Anda, me-root ponsel Anda—semuanya dapat dilakukan melalui sideloading file ZIP di TWRP. Anda bahkan dapat menginstal versi Android yang sama sekali berbeda, apakah itu firmware resmi atau ROM khusus.

Opsi Instal Gambar juga memungkinkan Anda menginstal file IMG alih-alih file ZIP. Jika Anda ingin menginstal GSI (generic system image) di ponsel Anda alih-alih ROM yang dikompilasi khusus, pulihkan gambar boot stok Anda, atau perbarui TWRP dari pemulihan itu sendiri, ini semua dilakukan menggunakan file gambar alih-alih ZIP.

Menghapus

Anda juga memiliki opsi untuk menghapus ponsel Anda menggunakan TWRP. Tetapi ini bukan jenis penghapusan yang sama yang Anda lakukan dari menu pemulihan normal dan rata-rata. Meskipun penghapusan normal adalah sebuah opsi dan memungkinkan Anda untuk mengatur ulang ponsel Anda ke pabrik, fitur Hapus sangat penting setelah Anda melihat ke mode Penghapusan Lanjutan . Dari sini, Anda dapat menghapus partisi apa pun di ponsel Anda.

TWRP memberi Anda opsi untuk tidak hanya menghapus partisi Data, tempat sebagian besar informasi pribadi Anda disimpan di ponsel, tetapi Anda juga dapat menghapus partisi Sistem (tempat sistem operasi disimpan) serta Cache dan Dalvik / ART partisi cache.c

Dari opsi-opsi ini, yang mungkin pernah Anda hapus dengan frekuensi tertentu adalah data, cache, dan cache Dalvik/ART. Dalam beberapa skenario, Anda mungkin juga perlu menghapus partisi sistem sebelum menginstal ROM kustom (walaupun sebagian besar ROM akan melakukannya untuk Anda selama proses instalasi).

Cadangan

TWRP memberi Anda opsi untuk membuat cadangan penuh dari setiap partisi di perangkat Anda. Ini juga sering disebut “cadangan NANDroid” dan mereka akan menjadi salah satu sekutu terbaik Anda untuk semua kebutuhan modding Anda.

Anda dapat mengambil cadangan dari partisi tertentu di perangkat Anda, seperti partisi sistem atau partisi boot, dan itu akan dicadangkan secara penuh dan akan siap untuk dipulihkan kapan saja.

Ini pasti bisa berguna jika, untuk alasan apa pun, Anda melakukan sesuatu di ponsel Anda dan mulai bootloop, atau sesuatu yang lain berjalan ke selatan. Cadangan NANDroid dapat berfungsi sebagai pos pemeriksaan yang dapat Anda kunjungi kembali kapan saja.

Memulihkan

Fitur Restore hanyalah mitra dari fitur Backup. Jika yang sebelumnya memungkinkan Anda untuk mencadangkan partisi sistem Anda, fitur Pulihkan memungkinkan Anda untuk memulihkan cadangan NANDroid dan membuat semuanya kembali berjalan, baik itu cadangan yang baru saja Anda buat atau cadangan yang Anda simpan di komputer Anda.

Gunung

Fitur Mount di TWRP memungkinkan Anda untuk memasang atau melepas partisi secara manual di perangkat Anda. Dengan memasang partisi, Anda mengizinkan TWRP untuk membaca kontennya dan menulisnya jika perlu.

Memasang partisi adalah kunci penting agar TWRP berfungsi, karena membaca dan menulis adalah kebutuhan mutlak untuk melakukan sideload paket. Namun, sebagian besar, Anda tidak perlu melakukan ini secara manual di sebagian besar situasi. Sebagian besar paket ZIP akan memasang dan melepas partisi yang diperlukan sendiri, tanpa perlu pengguna melakukannya sendiri.

Pengaturan

Ini adalah menu Pengaturan untuk pemulihan TWRP. Ini memiliki beberapa opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan hal-hal seperti verifikasi MD5 untuk cadangan NANDroid, mengubah beberapa elemen UI/UX, mengubah kecerahan atau getaran layar, dan banyak lagi.

Beberapa yang penting mungkin menarik bagi Anda, seperti menggunakan rm -rf alih-alih pemformatan biasa. Tetapi sebaliknya, ini sebagian besar adalah pengaturan yang menghadap pengguna yang tidak memengaruhi fungsionalitas inti dari pemulihan TWRP, meskipun mereka juga dapat sedikit berbeda tergantung pada model perangkat Anda dan fitur masing-masing.

Canggih

Menu Lanjutan menyediakan fungsionalitas lain-lain untuk TWRP yang tidak terdaftar di bagian individual. Beberapa fitur ini termasuk dukungan untuk menggunakan ADB Sideload sebagai metode flashing alternatif alih-alih menginstal TWRP, terminal, dan pengelola file.

Ada juga beberapa pengembang atau fitur lanjutan yang mungkin atau mungkin tidak Anda perlukan, dan fitur tersebut mungkin akan bervariasi tergantung, sekali lagi, pada ponsel yang Anda gunakan dan rangkaian fitur spesifiknya.

Menyalakan ulang

Terakhir, menu Reboot memberi Anda kemampuan untuk me-reboot ponsel Anda. Alih-alih memberi Anda hanya opsi untuk mem-boot ulang ke OS Anda, ini juga memberi Anda opsi untuk mem-boot ulang ke mode fastboot atau kembali ke mode pemulihan (berguna jika Anda baru saja memperbarui pemulihan Anda).

TWRP Memungkinkan Banyak Kemungkinan

TWRP telah menjadi alat penting untuk apa pun yang ingin Anda lakukan di ponsel cerdas Anda. Apakah Anda ingin me-root ponsel Anda, sideload aplikasi sistem, atau mengubah sistem operasi Anda sepenuhnya, semuanya diaktifkan oleh TWRP.

Mudah-mudahan, sekarang Anda sedikit lebih mengenalnya, tetapi cara terbaik untuk membiasakan diri dengannya adalah dengan menginstalnya di ponsel Anda dan langsung masuk. Untuk informasi lebih lengkap kunjungi https://www.caraqu.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published.