Perawatan Kulit – Memperbaiki Penghalang Kulit

Seringkali perenang kolam mengeluhkan masalah kulit yang berhubungan dengan air. Klorin memiliki efek kaustik, menyebabkan gangguan pada Stratum Corneum (lapisan terluar epidermis) ms glow palsu penghalang kulit. Penghalang kulit ini, diciptakan oleh Dr. Peter M. Elias dari Universitas California, San Francisco, seorang ahli penghalang kulit dan biologi epidermal.

Stratum Corneum berfungsi untuk membentuk penghalang untuk melindungi jaringan di bawahnya dari infeksi, dehidrasi, bahan kimia, dan tekanan mekanis. Lapisan kulit ini terdiri dari sel-sel mati (korneosit) yang tersusun atas 15-20 lapis sel pipih tanpa inti dan organel sel. Corneocytes ini tertanam dalam matriks lipid yang terdiri dari ceramides, kolesterol, dan asam lemak.

Penghalang ini dihasilkan melalui proses yang disebut deskuamasi, pelepasan sel dari permukaan stratum korneum, dan menyeimbangkan proliferasi keratinosit (sel yang menghasilkan keratin, protein yang bermanfaat bagi tubuh). Kemudian sel-sel ini bermigrasi melalui epidermis menuju permukaan dalam perjalanan yang memakan waktu kurang lebih empat belas hari.

Dengan kata lain, kita dilahirkan dengan pelindung kulit yang sehat yang mampu menjaga kelembapan dan hidrasi kulit secara alami. Sayangnya, seiring waktu lapisan kulit itu rusak karena hal-hal seperti cuaca dingin, paparan sinar matahari yang berlebihan, perendaman air yang berkepanjangan, kondisi angin, dan faktor lingkungan lainnya. Penyebab ini memecah komponen lapisan kulit kita dan membiarkannya tanpa perlindungan, rentan terhadap pemangkasan, kulit keriput, peradangan, bakteri, kekeringan, gatal dan alergen – kerusakan.

Bisakah Air Minum Membantu Melembabkan Kulit?

Kita terbuat dari air (rata-rata tubuh manusia dewasa adalah 50-65% air). Jumlah air yang berlebihan dari tubuh kita dikeluarkan setiap hari. Oleh karena itu, air minum penting karena menggantikan suplai kita. Menurut FDA, kita harus minum 8-10 gelas air sehari untuk mempertahankan apa yang hilang. Mitosnya adalah dengan melakukan itu kulit kita terhidrasi dengan baik. Untuk keperluan kulit, sayangnya, konsumsi air tidak banyak membantu. Faktanya, air yang kita minum memiliki banyak manfaat bahkan sebelum sampai ke kulit. Pikirkan jalur panjang dan berliku yang diambil air dalam tubuh kita dan Anda akan mencatat berapa banyak perhentian yang dibuatnya ke organ lain, dll., bahkan sebelum ia muncul di permukaan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.