Berbagai Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK) Kembali Lagi

Berbagai Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK) Kembali Lagi

Mencegah infeksi saluran kemih atau ISK pasti mampu dikerjakan dengan langkah gampang dan murah dibandingkan mesti mengobatinya. Beberapa langkah yang mampu dikerjakan adalah dengan lakukan style hidup sehat.

Beberapa makanan layaknya buah cranberry termasuk mampu menopang Anda sebagai obat alami infeksi saluran kencing.

Cara gampang menghambat infeksi saluran kemih
Ada lebih dari satu normalitas yang tanpa Anda sadari mampu menaikkan risiko ISK layaknya kerap menghambat membuang air kecil mampu jadi besar bisa saja perkembangan bakteri penyebab ISK. Selain itu, bersihkan organ intim teledor termasuk berperan didalam penyebaran bakteri supaya berdampak terhadap ISK.

Bila tidak mendambakan infeksi saluran kencing terjadi, lebih dari satu langkah berikut mampu menopang Anda untuk menghambat infeksi saluran kemih.

1. Minum banyak air putih icd 10 isk
Selain menjauhi Anda dari dehidrasi, minum 8 gelas air putih tiap-tiap hari termasuk menjadi salah satu langkah gampang untuk menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

Minum banyak air dapat “membilas” saluran kandung kemih dan mengeluarkannya lewat urine. Dengan begitu, kesempatan bakteri untuk menempel dan berkembang biak terhadap dinding saluran kemih dapat lebih kecil dan Anda terhindar dari ISK.

Punya Masalah Infeksi Saluran Kencing?
Jaga kesegaran saluran kemihmu dengan ikuti newsletter kami!

Nama Anda

Email Anda

Saya Menerima Kebijakan Privasi dan Data
Daftar
Minum air putih termasuk baik untuk Anda yang kerap terkena ISK berulang kali. Hal ini dikatakan oleh peneliti University of Miami Miller School of Medicine, Dr. Thomas M. Hooton, bahwa mencukupi kebutuhan cairan dapat hindari Anda dari risiko infeksi saluran kemih yang kambuh lagi.

2. Tidak menghambat membuang air kecil
merinding sementara membuang air kecil

Menahan membuang air kecil sesungguhnya menjadi salah satu penyebab infeksi saluran kencing. Itu sebabnya, tidak menunda sementara membuang air kecil merupakan langkah gampang untuk menghambat infeksi saluran kemih.

Kebiasaan menunda membuang air kecil dapat menyebabkan bakteri lebih tertahan lebih lama dengan urine di kandung kemih. Penumpukan ini sangat mungkin bakteri berkembang dan menginfeksi saluran kemih.

Nah, membuang air kecil bermanfaat untuk bersihkan saluran kemih dari bakteri dan mampu kurangi risiko infeksi. Buang air kecil termasuk sekaligus menyingkirkan limbah hasil metabolisme tubuh yang tidak dibutuhkan.

3. Buang air kecil sebelum saat dan sesudah seks
Berhubungan seks mampu menjadi salah satu awal mula terjadinya infeksi saluran kemih. Saat penetrasi, penis atau jari mampu mendorong bakteri dari luar vagina untuk masuk ke didalam uretra lantas menjalar ke kandung kemih.

Dengan alasan inilah Anda khususnya wanita sangat direkomendasi untuk membuang air kecil sebelum saat dan sesudah bercinta untuk menghambat terdapatnya infeksi terhadap saluran kemih. Tanpa membuang air kecil, bakteri yang baru masuk dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Hindari termasuk gunakan alat kontrasepsi layaknya kondom yang mempunyai kandungan spermisida. Spermisida adalah zat yang bermanfaat untuk membunuh sel sperma. Apermisida berikan dampak terhadap pH vagina yang dapat menaikkan risiko penyakit.

Jika Anda mengalami persoalan layaknya vagina yang kering, Anda mampu gunakan lubrikan yang berbahan dasar air. Sebelumnya, konsultasikan dahulu ke dokter berkenaan alat kontrasepsi yang safe dan cocok.

4. Membersihkan anus dan daerah genital dengan tepat
bakteri vagina cegah hiv

Selama ini, apakah Anda sudah bersihkan anus sesudah BAB dengan tepat? Seperti diketahui, penyebab ISK adalah menyebarnya bakteri E. coli dari anus ke saluran kemih uretra.

Itu sebabnya, langkah membilasnya mesti Anda perhatikan dengan benar. Bilaslah anus dengan arah dari depan ke belakang sebagai langkah menghambat infeksi saluran kemih. Hal ini untuk menghambat bakteri E. coli ubah dan masuk ke uretra.

Tidak cuma sesudah membuang air besar, Anda mesti bersihkan daerah genital usai lakukan jalinan intim. Gunakanlah air hangat untuk bersihkan vagina. Anda termasuk mampu memakai sabun, asalkan tidak mempunyai kandungan wewangian. Cara ini mampu hindari terjadinya peradangan akibat infeksi terhadap uretra.

5. Senantiasa melindungi kebersihan daerah kemaluan
Selain membilas daerah genital dengan tepat, Anda termasuk mesti melindungi kebersihan daerah genital demi menghambat infeksi saluran kemih, khususnya bagi wanita. Penyakit ini lebih rentan menyerang wanita sebab uretra yang lebih pendek dibandingkan pria menyebabkan bakteri lebih cepat masuk.

Ketika menstruasi, gantilah pembalut atau tampon tiap-tiap 4-6 jam sekali supaya tidak mengundang bau dan infeksi dari bakteri. Selain itu, hindari termasuk pemakaian sabun kewanitaan sebab produk ini jadi dapat menyebabkan pH vagina tidak sebanding supaya menyebabkan perkembangan bakteri dan ragi (jamur).

Anda termasuk sebaiknya tidak lakukan douching, sebuah teknik bersihkan anggota didalam vagina dengan menyemprotkan cairan pembersih. Cara bersihkan layaknya ini mampu menyebabkan vagina lebih rentan terhadap infeksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.