Bijak Menggunakan Internet Yuk Dengan 5 Tips Ini!

Bijak Menggunakan Internet Yuk Dengan 5 Tips Ini!

Saat ini kita berada terhadap zaman di mana internet seolah telah jadi kebutuhan primer manusia gara-gara mencukupi nyaris seluruh ruang kehidupan mereka. Mulai dari perihal yang paling simpel hingga perihal yang lumayan rumit, seluruh sanggup dikendalikan dan dilakukan bersama dengan pertolongan internet, terutama di masa pandemi layaknya ini.

Meskipun teknologi sanggup memudahkan banyak urusan dan pekerjaan, tapi keberadaan internet yang condong bebas perlu kebijakan pengguna didalam pemanfaatannya. Masyarakat perlu memiliki literasi digital yang baik sehingga sanggup jadi pengguna yang baik dan safe didalam berinternet. Berikut ini 4 langkah bijak pakai internet di tengah pandemi:

Hanya unggah konten bermanfaat https://kerjaya.web.id/
Saat berinternet, hati-hatilah didalam mengunggah foto, gambar, komentar, atau pesan. Pasalnya seseorang sekali saja mengunggah konten atau suatu hal yang negatif, jejak digitalnya dapat tersedia di internet selamanya dan nyaris tidak sanggup dihapus. Penting diketahui kapan waktunya perlu posting atau tidak. Jejak digital kapan waktu sanggup jadi bumerang bagi kita sendiri.

Jaga dan lindungi privasi
Jangan dulu sama sekali membagikan information spesial di internet layaknya alamat, e-mail, no telepon dan dokumen sekolah atau instansi di internet. Data spesial rentan disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Akses website aman
Sebelum mengklik tautan atau memasukkan sandi di website yang belum dulu dikunjungi, periksa terutama dahulu apakah URL situsnya cocok bersama dengan nama dan informasi perusahaan atau product yang dicari. Pastikan URL website dimulai bersama dengan “https://” bersama dengan ikon gembok hijau kecil di sebelah kirinya jaringan prihatin celcom .

Jangan enteng tergiur perihal yang belum jelas
Jika tersedia e mail atau website menawarkan suatu hal yang tidak masuk akal, layaknya peluang untuk membuahkan banyak duit atau menang undian ratusan juta, telah tentu itu tidak benar. Sebaiknya cek e mail dan website resmi dari instansi yang bersangkutan. Scam lainnya termasuk kadang waktu sanggup bersifat instruksi untuk mengunduh suatu software yang memuat malware sehingga sanggup sebabkan virus di perangkat kita.

Jadilah pengguna internet bijak
Perlakukan orang lain sebagaimana pantasnya, layaknya perlakuan orang lain yang kita mengharapkan terhadap kita. Hal ini termasuk berlaku di internet bukan cuma di kehidupan nyata saja, gara-gara sementara ini tengah marak kasus cyberbullying yang sebabkan korbannya depresi bahkan melakukan dan sebabkan hal-hal fatal.

5 perihal di atas merupakan beberapa perumpamaan yang sanggup diterapkan untuk menyeimbangkan pemanfaatan internet dan kehidupan bersama dengan lebih baik. Mari bijak pakai internet bersama dengan berpikir kreatif dan bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published.