Faktor-faktor yang merubah nilai ubah rupiah

Faktor-faktor yang merubah nilai ubah rupiah

Penelitian ini ditujukan untuk jelas faktor-faktor yang merubah nilai ubah rupiah type moneter harga fleksibel di Indonesia dalam th. 1997:8-2005:12 dalam jangka pendek dan jangka panjang. Terdapat tiga variabel fundamental dalam type moneter harga fleksibel yaitu kuantitas uang beredar, pendapatan, dan suku bunga. Dengan melihat pengaruh tiap-tiap variabel tersebut balk dalam negeri (Indonesia) maupun luar negeri'(Amerika Serikat) dapat diketahui variabel mans yang paling berperan atau paling dominan pada perkembangan nilai ubah rupiah pada dolar Amerika Serikat.

Teknis kesimpulan yang digunakan adalah uji kointegrasi prosedur Johansen untuk melihat hubungan jangka panjang dan Error Correction Model (ECM) untuk mengestimasi hubungan jangka pendek IDNPEDIA .

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam jangka panjang seluruh variabel dalam type moneter harga fleksibel mempunyai pengaruh yang berarti pada nilai ubah rupiah, jika Fed Fund rate. Dapat termasuk diartikan bahwa dalam jangka panjang PDB Amerika Serikat memberikan pengaruh yang paling dominan pada perkembangan nilai ubah rupiah dalam periode free floating exchange rate di Indonesia. Oleh dikarenakan itu, dalam rangka pemilihan kebijakan nilai ubah rupiah yang reiatif kuat dan stabil dalam jangka panjang, perkembangan variabel PDB Amerika Serikat perlu menjadi tidak benar satu bahan pertimbangan 100 juta won berapa rupiah .

Sementara itu, dalam jangka pendek seluruh variabel yang digunakan dalam ECM memberikan pengaruh yang berarti pada nilai ubah rupiah. Namun, kuantitas uang beredar Amerika Serikat (M1) dua bulan pada mulanya menunjukan signifikansi yang paling besar pada variasi nilai ubah rupiah. Berkaitan bersama hal ini, pemerintah dan Bank Indonesia perlu konsisten memantau perkembangan aliran dolar Amerika Serikat di dalam negeri bersama senantiasa laksanakan intervensi dan sterilisasi serta mengurangi unsur spekulasi dalam transaksi valuta asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.